Selasa, 07 Juni 2011

ayam - in memorial to my dearest father

Ayam Hutan Hijau - Gallus VariusPapiku tuh dulu suka punya banyak binatang piaraan, bermacam-macam burung, berbagai jenis ayam, trus kelinci, ikan, kura-kura, monyet, anjing, kucing, sampai ular juga ada. Jadi rumah dah kayak kebun binatang. Burung yang dia pelihara itu pada pinter nyanyi, menirukan siulan papi, jadi kadang mami kira ada papi di toko, padahal dia lagi pergi.

Binatang favorit dia tuh benernya ayam, ayam hutan yang jantan memang cantik sih, warnanya hijau ke biru-biruan dan berkilau, trus ada warna merah dan kuning serta ungu yang menghiasi tubuhnya. Papi suka mengawinkan ayam hutan tadi dengan ayam kampung betina untuk jadi ayam bekisar, padahal nike bilang bagusan ayam hutannya daripada ayam bekisar. Cuman orang-orang suka ayam bekisar karena suaranya yang panjang dan serak-serak basah, padahal menurut nike suaranya yah gitu-gitu aja bahkan lebih condong untuk merusakkan gendang telinga. Dan kalau dipikir-pikir dulu itu si papi maen paksa ayam suruh kawin, namanya pemerkosaan.

Ayam hutan itu udah lumayan mahal harganya, semakin jinak dan gagah semakin mahal, maklum aja abisnya khan ayam hutan khan liar. Kalau ayam bekisar harganya lebih gila lagi. Satu telur ayam bekisar, dulu sama harganya dengan 2-3 kilo telur yang dijual dipasar. So papi jadinya beternak ayam bekisar, dengan begitu, mami enggak terlalu ngomel karena hobbynya menghasilkan uang.

Nike sendiri suka banget ama telor bekisar, soalnya kuningnya itu gedhe banget, jauh lebih gedhe dari telur biasa. Jadi kalo lagi laper dan pengen makan telor, nike tinggal pergi ke kandang ayam, cari induk yang barusan bertelor, en maen comot aja :) Telornya anget-anget gitu ** berantem dulu ama induknya seh ** Induknya agak-agak sebel sih kalo tiap kali telurnya diambilin (tapi selalu ditinggalin satu biji, katanya buat pancingan, apaan coba….), soalnya khan ga boleh dieramin sendiri, musti pake inkubator gitu.

Kalo ketauan ama papi, nike tinggal nyengir ama bilang “nike pengen makan telor”. Paling papinya suka geleng-geleng kepala dan nyeletuk “kamu kok kaya yah, khan kamu bisa dapet 40 telor boiler pake satu telor itu” (kalau ga salah dulu satu kilo telor ayam di indonesia dapet 16 butir). Kebanyakan sih nike jawab sekenanya “Sih papi ini, orang lapernya sekarang, masak nike suruh pergi ngejual telor ini dulu yang misalnya lakunya minggu depan trus abis itu kepasar beli telor, nikenya dah mati kelaperan”.

Tapi si papi enggak pernah marah tuh, malahan kadang dia malah pilihin telor yang bakalan jadi betina, trus dikasih ke nike buat digoreng. Herannya, dari bentuk telor dan melihat isi telor yang diarahin ke matahari, dia bisa tau itu telor bakalan jadi jantan atau betina. Benernya kalau beli telor itu khan untung-untungan, bisa jantan bisa betina, dan banyak orang ga tau cara memilihnya, tapi saking baeknya si papi ini, kalo ada orang yang salah pilih, dia kasih tau juga.

Betapa sayangnya si papi ama ayam-ayamnya, dia suka elus-elus tuh ayam, disuapin kalo makan (maksudnya dikasih satu satu). Trus dicariin makan spesial kayak belalang, yang perlu ditangkep dulu disawah atau di kuburan engkong. Kalo malem-malem dia cariin cicak, kalau musim ujan dan banyak laron keluar, dia tangkepin tuh laron (cuman dia agak curang kalau nangkepin laron, dia cari sumber keluarnya, trus pake pinset diambil tiap laron yang keluar, jadi dia ga perlu lari-lari nangkep itu laron). Nike ga bisa bayangin kalo si papi ini sekarang masih ada dan beternak ayam-ayam itu, rasanya dia bakal sedih banget kalau ayam kesangannya musti di musnahin gara gara flu burung.

Anyway, nike tulis ini karena nike barusan liat ayam yang kena flu burung di news, trus inget ama papi. I’m just sharing my memory about him…..