Minggu, 10 Juli 2011

Kandang kontes untuk ayam serama

Kandang ayam serama untuk kontes dibuat lebih tertutup. Dinding kandang terbuat dari tripleks berukuran 80 cm X 60 cm X 60 cm. Lubang ventilasi berukuran 10 cm X 50 cm dibuat pada pintu yang letaknya di ketinggian 2/3 dari tinggi kandang. Lalu ditutup dengan saringan kawat yang cukup rapat.

Kandang tertutup tujuanyauntuk melindungi serama dari serangan nyamuk. Gigitan nyamuk dapat menimbulkan bentol dan luka pada jengger. Jika tidak segera diobati, luka dapat meninggalkan bekas yang dapat merusak bentuk jengger. Jengger salah satu aksesoris yang di nilai dalam kontes.

Kondisi kandang yang relatif tertutup juga melatih inisiatif serama untuk bergaya saat kontes. Perubahan suasana dari kandang yang gelap ke terang membuat serama seakan terbebas dari kungkungan. Ekspresi kebebasan itu ditunjukan dengan bergaya yaitu mengepakan sayap dan membusungkan dada.

Kandang serama untuk kontes idealnya ditempati seekor serama. Tujuanya untuk melatih mental serama agar mandiri dan tampil percaya diri di ajang kontes. Jika serama kontes dibiasakan tinggal dengan betina maka kebiasaan itu akan terbawa saat kontes. Ia hanya akan bergaya jika dipancing dengan kehadiran betina.

Yang perlu diperhatikan pada kandang yang tertutup adalah kurangnya sinar matahari. Sinar matahari penting bagi serama untuk pertumbuhan tulang. Karena itu setiap pagi serama mesti diumbar selama 1-2 jam untuk berjemur.